Simak Accounting

Simak accounting adalah aplikasi software yang sudah banyak di pakai untuk pencatatan kegiatan perusahaan, untuk itu kami mencoba membangun blog ini yang diharapkan bisa menambah pengetahuan tentang akunting.

Ini adalah salah satu kegiatan Talagasoft untuk mengenalkan pencatatan akunting dengan menggunakan Simak accounting yang telah di develop dari tahun 2003.

Simak Accounting di bangun dengan fitur-fitur yang diharapkan bisa menutup semua kebutuhan-kebutuhan perusahaan-perusahaan besar, kecil maupun menengah. sejalan berlalunya waktu simak Accounting terus menerus melakukan update untuk bisa memenuhi semua kebutuhan pemakainya.

Saturday, December 12, 2009

General Ledger

SIMAK Accounting adalah suatu program yang terintegrasi antara module penjualan, pembelian, kas, bank dan module lainnya, maka modul pertama dan terakhir yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah modul GL (General Ledger).

Module GL adalah module yang biasa digunakan perusahaan untuk mencatat jurnal ke buku besar dari setiap perkiraan perusahaan. Jurnal-jurnal ini  pada akhirnya digunakan untuk menghasilkan laporan neraca dan rugi-laba.

Modul GL meliputi tata cara pembuatan master kode perkiraan / akun / COA / Chart Of Account yang merupakan pusat transaksi yang menggambarkan kegiatan usaha, tentang maju mundurnya perusahaan, dengan cara menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan yang telah baku dan standar menurut Prinsip-prinsip Akuntansi Indonesia (PAI).

GL

Integrated Mode

Pada mode Integrated, pencatatan jurnal penjualan, pembelian, kas dan bank dapat dilakukan melalui modul-modul pembelian, penjualan dan module lain yang bersesuaian. Dengan kata lain jurnal penjualan dapat dibuat secara otomatis melalui module penjualan, tepatnya pada saat pembuatan invoice penjualan. Begitu juga dengan jurnal pembelian, kas dan bank.

Sedangkan module GL  dapat digunakan hanya untuk mencatat jurnal-jurnal selain yang tersebut diatas, misalnya jurnal penyesuaian dan jurnal umum lainnya. Keuntungan menggunakan sistem integrated adalah berkurangnya tugas penjurnalan bagian accounting, tugas itu berubah menjadi tugas pemeriksaan bukti-bukti terhadap jurnal-jurnal yang dibuat melalui bagian penjualan, pembelian, kas dan bank.

No comments:

Post a Comment