Simak Accounting

Simak accounting adalah aplikasi software yang sudah banyak di pakai untuk pencatatan kegiatan perusahaan, untuk itu kami mencoba membangun blog ini yang diharapkan bisa menambah pengetahuan tentang akunting.

Ini adalah salah satu kegiatan Talagasoft untuk mengenalkan pencatatan akunting dengan menggunakan Simak accounting yang telah di develop dari tahun 2003.

Simak Accounting di bangun dengan fitur-fitur yang diharapkan bisa menutup semua kebutuhan-kebutuhan perusahaan-perusahaan besar, kecil maupun menengah. sejalan berlalunya waktu simak Accounting terus menerus melakukan update untuk bisa memenuhi semua kebutuhan pemakainya.

Friday, November 13, 2009

Membuat Akun Perkiraan / Chart of Accounts

Photobucket

Kode perkiraan / COA / Chart of Accounts dipakai untuk menyimpan nilai dari semua transaksi yang ada di perusahaan dan dimasukan kedalam pos-pos perkiraan yang bersesuaian dengan transaksi tersebut.

Pilih menu Accounting; Chart of Accounts (Kode Perkiraaan)


Pada jendela susunan kode perkiraan terbagi menjadi dua bagian, bagian atas adalah kelompok dari kode perkiraan dan bagian bawah adalah akun-akun yang digunakan dalam transaksi general ledger.

Aturan untuk membuat kelompok perkiraan (group) adalah:
  • Group tertinggi selalu diisi dengan angka 0 pada parent field berkait , misal: Aktiva Lancar
  • Setiap subgroup selalu berkait atau mempunyai parent terhadap group lainnya.
  • Group dan subgroup disediakan sampai dengan 2 level, misal: Aktiva Lancar sub groupnya adalah Kas dan Bank sub groupnya Kas
  • Tiap group atau subnya boleh memiliki akun-akun sendiri
Contoh gambar diatas hanya mempunyai dua level kelompok, yaitu Aktiva, Aktiva Lancar

Selanjutnya.


Photobucket

Proses pembuatan kode perkiraan baru / Chart of Accounts selalu mengacu kedalam salah satu kelompok kode perkiraan, dan tombolnya terletak dibagian bawah dari kelompok akun tersebut.
Kode perkiraan inilah yang akan ditampilkan selama anda membuat jurnal atau pemilihan terhadap kode perkiraan untuk sebuah transaksi.

  1. Pilih salah satu kelompok perkiraan yang ada di bagian atas atau kelompok akun, misal kelompok Aktiva Lancar
  2. Pilih Jenis Akun
  3. Pilih Kelompok Akun
  4. Kode Akun disi dengan 1100
  5. Keterangan diisi dengan nama perkiraan Cash
  6. Saldo Awal diisi dengan saldo awal untuk kode perkiraan cash
  7. Posisi dipilih debet atau credit yang merupakan saldo normal untuk perkiraan ini, misal untuk akun Cash saldo normalnya ada di posisi debit, akumulasi saldo normalnya ada di posisi kredit karena akan mengurangi dari nilai pasiva, pendapatan ada di posisi credit, biaya ada di posisi debit, dst.
  8. Tekan tombol Simpan untuk menyimpan ke daftar kode perkiraan.
  9. Lakukan langkah 1 s/d 7 untuk membuat kode perkiraan yang lainnya




No comments:

Post a Comment

Post a Comment