Simak Accounting

Simak accounting adalah aplikasi software yang sudah banyak di pakai untuk pencatatan kegiatan perusahaan, untuk itu kami mencoba membangun blog ini yang diharapkan bisa menambah pengetahuan tentang akunting.

Ini adalah salah satu kegiatan Talagasoft untuk mengenalkan pencatatan akunting dengan menggunakan Simak accounting yang telah di develop dari tahun 2003.

Simak Accounting di bangun dengan fitur-fitur yang diharapkan bisa menutup semua kebutuhan-kebutuhan perusahaan-perusahaan besar, kecil maupun menengah. sejalan berlalunya waktu simak Accounting terus menerus melakukan update untuk bisa memenuhi semua kebutuhan pemakainya.

Friday, November 13, 2009

Penyusunan Periode Akuntansi Simak akunting

Photobucket

Pada Simak accounting, cara untuk memulai membuat periode akuntansi adalah sebagai berikut:

  1. Pilih menu Accounting - & Change Accounting Period
  2. Untuk menambah bulan di tahun 2007
  3. Pertama anda berada dikolom Urutan dan tulis nomor 1
  4. Isi Tahun Fiscal di kolom Year. Contoh diatas adalah 2007
  5. Period, menunjukkan bulan untuk periode tersebut (contoh diatas Januari)
  6. Tanggal Awal, menunjukkan tanggal awal untuk periode ini (contoh diatas 1 januari 2007)
  7. Tanggal Akhir, menunjukkan tanggal akhir untuk periode ini (contoh diatas 31 januari 2007)
  8. Closed, menunjukkan status dari periode, jika sudah diposting status Closed adalah True, jika belum Closed bernilai False.
Lakukan langkah 3 s/d 8 untuk setiap periode yang ingin anda dibuat.

  • Tombol Refresh dipakai untuk menampilkan ulang daftar periode akuntansi
  • Tombol Copy To dipakai untuk mendefinisikan tahun fiscal baru berdasarkan tahun yang sekarang dipilih.
  • Tombol Closing dipakai untuk memposting semua jurnal pada range tanggal periode yang terpilih. Untuk memposting anda pilih dan sorot baris yang ingin di closing dan tekan tombol ini. Adapun aturan closing pada simak akunting ini harus diperhatikan secara berurut dari bulan yang lebih kecil dulu, begitupun sebaliknya untuk report. Hindari closing periode secara loncat-loncat untuk tiap periodenya.
  • Tombol ReOpen dipakai bila suatu saat anda perlu mengadakan koreksi terhadap jurnal yang telah dibuat dan telah ditutup periodenya, maka pertama yang anda lakukan adalah membuka lagi periode yang telah di close tersebut dengan tombol ReOpen, dan dilakukan secara berurut dari bulan yang terbawah dulu untuk menuju bulan yang bersangkutan. Apabila anda melakukannya meloncat-loncat maka saldo awalnya tidak akan ikut dihitung atau akan menjadi salah nilainya.

No comments:

Post a Comment